Thursday, September 17, 2009

cerpen jaman SMA

pas g skolah dulu, pak bambang sbg guru bahasa indonesia g memberikan tugas bkin cerita. apapun d ceritanya. pknya crita. nah lo. g uda ga pinter nulis, ga ada ide pula. pikir pikir punya pikir. akhirnya g menulis sbuah cerita pengalaman bbrpa taon sblmnya. dan tnyata bbrpa hr kmudian, saya d pgl k depan kelas, untuk membacakan cerita saya karna menurut pak bambang, cerita yg saya buat itu sangat bagus. =)
ga bmkasud pamer, just wanna share some story to u.
well, g ga inget persis gmna cerita yg wktu itu g tulis, tp bgnilah kira2 intinya :


sosiologi. mata pelajaran paling tak penting dan tak berbobot menurutku.entah apa yg dibahas di dalamnya dan brp lama pun dipelajari, tak juga memberikan pengertian yg berarti. suatu hari, kelas kami memiliki guru sosiologi yg baru, *g lupa namanya, cm ngajar bentar se, ya sebut saja ibu guru.hehe*
ibu guru ga ngajarin pelajaran dr buku. yah, inilah yg kami senangi. akhirnya lepas dr buku cetak sosiologi yg hampir membuat kami membusuk.
"ya anak2, bsk kita akan melakukan aksi bakti sosial, kita akan mengamen d lampu merah bersama anak2 pengamen jalanan. siapa yg mau ikt?"
aku unjuk jari. dan besoknya kami pergi naek angkot. ya, ini pertama kalinya saya naik angkot. *dulu pernah se wktu kecil. tp uda lupa rasanya*
kami sampai d lampu merah grogol.
saya : *clangak clinguk*
bu guru : kita nanti pencar2 yah anak2, ada yg ikut ngamen d bus2, ada yg d lampu merah, ibu tunggu d pinggir jalan sambil ngawasin kalian.
kami : okeh

ibu guru yg ptama nyamperin anak2 jalanan di sekitar sana, dan ngmg2 dl ma mreka. minta ijin dan jelasin apa mksd kita bla bla bla. dan akhirnya kami pun berpencar sesuai rencana.
saya dapet jatah ngamen d lampu merah bersama 2 orang anak kecil. *lupa namanya, ya sebut aj budi dan adi*
saya ga sendirian, ada 2 lg temen yg bareng. tp lupa siapa.hehe

ya intinya kami ngamen2 gt d. byk mobil brenati pas lampu merah.
ada yg kse uang. ada yg nanya "dalam rgka apa de?" dan kami mjwb "baksos om". ada jg yg cm nanya tp ga ngasih uang, ada yg tanya dan ngasihuang. ada yg cm liatin aj. ada yg kakak kelas g dulu pula, dan dgn suksesnya dia liatin g sambil ktawa2 tanpa ngasih apa2. kurang asem. haha
pas lg lampu ijo, kita bs ngbrl2 gt.
saya : di, kamu tiap hari ngamen d sini?
adi: iya kak.
saya : dr jam brp sampe jm brapa?
adi : dr pagi ampe malem kak.
tmn 1 : oyah? kalian ga skolah?
budi :*geleng2 kpala*
saya : kenapa?
budi : bapak ga punya uang kak.
tmn2 : tp kamu pernah skolah ?
adi : pernah, sampe kelas 2 sd.
budi : kt bapak, bapak uda ga bisa biayain, jd saya putus skolah.
saya : uda bisa baca dnx?
adi dan budi : *ngangguk2*
tmn 1: kalian punya adik?
adi : punya. masih bayi.
budi : punya 3. *pdhl umurnya mse 7 taon*
tmn 2 : kalian cape ga tp hr ngamen ky gne?
adi : capelah kak
tmn 1 : kamu bisa maen gitar, d ajarin siapa?
budi : ga ada
saya : bljr sendiri?
budi : *manggut2*
saya: brp lama bljrnya?
budi : baru 2 bulanan kak.
saya : *buset, g d ajarin bokap g uda staon aj ga bisa2. ini ank bljr otodidak, uda jago gini*
tmn 2: uda brp lama ngamen?
adi : *mikir* uda skitar 2 taonan lah

okeh, baiklah. plajaran ptama : anak kecil ini lebih pintar dan punya semangat idup lbi tinggi dr g.

-----2 jam kmudian----uda ampir kelar.

saya : hauss..
tmn 1 : iya ne, ada yg jual minum ga ya
tmn 2: *clangak clinguk*
saya : eh ada tu d sana.
trs kita samperin yg jual minum.

saya : brp bang?
abang penjual minum : sribu neng.
saya : yauda 3 bang.
abang penjual minum : ni neng. makasi yaa.
saya : *lgsg minum* *tb2 ngeliat budi ma adi lg nungguin kita minum* kalian mau minum apa?
adi &budi : *geleng2 kpala*
saya : gpp. kakak bayarin. gausa khawatir. minum aja
adi & budi : lg puasa kak.
saya : *jegerrrr! g br inget, hr ini hr ptama bulan puasa. dan g minum d dpn ank2 yg lg puasa, pshl mreka uda kpanasan dr pagi. sdgkan g br kpanasan 2 jem uda kehausan ky onta blm minum sbulan.*

okeh, plajaran k2 : anak2 ini mse inget kwajiban ibadah mreka meskipun mreka susah dan sangat ga nyaman ky gini.

ibu guru : ayo anak2, kembali k sini smua. ayo kita kumpulkan uangnya.

dan smua ank pun ngumpul. uang yg terkumpul : Rp. 250.000an. g lupa jumlah tepatnya.
nah kan ada 6 anak pengamen yg asli, uangnya d bagi rata buat mreka.

saya ga dapet uang, saya ga dapet nilai tambahan, saya cape, saya kepanasan, saya khausan.
tapi saya tw bahwa saya harus bersyukur ats keadaan saya skrg. krna anak2 kecil itu aj ga pernah ngeluh, pdhl kondisinya jauh lbi tidak baik dr saya. malah mreka 'lbi hebat' dr saya.
plajaran trkhr hari itu : pikir beribu2 kali lg sblm mengeluh.


ya kira2 bgtulah inti ceritanya. awal2nya g tulis ky cerpen beneran yah. lama2 mkin ancur. maap yah. hehe
tp intinya saya hanya mau berbagi. bukan berbagi cerita g yg d blg abgus ma guru BI g. tp inti dr ceritanya yg ampe skrg mse g inget biarpun g ga inget detil kejadiannya. *nama temen yg brg g aj g lp.hehe*

4 comments:

Vina said...

bagus looohh ceritanyaa.. tapi ada satu keganjilan. itu pengamennya dari disebut budi sama amir berubah jadi budi sama adi. hahaha

sara said...

oiyah. hahaha
unutng lu blg. g gnti ah biar ga ktauan org laen.hihi
thx eniwei ya pinapina. jd malu ne. *blushing*hahaha

Beta said...

hahaha..ngga nyangka yah. kadang2 kita juga bisa belajar dari orang yang ngga pernah bisa di duga (bener ngga sar?)

sara said...

iya.. =))